Melakukan cara ternak baik burung petelur, burung hiar, burung kicauan, bahkan burung pedaging sekalipun tentu membutuhkan jenis pakan terbaik agar bisa menghasilkan nilai lebih hasil ternak dalam kebutuhan masing masing.

Memperhatikan jenis pakan tersebut lagi berlaku bagi mereka yang melancarkan cara ternak burung puyuh yang tentunya akan menghasilkan telur telur puyuh. Untuk bisa meningkatkan bobot dan kuantitas hasil ternak burung puyuh tersebut maka bisa dengan memasrahkan salah eka jenis pakan puyuh fermentasi. Berikut ini jumlah cara membuat pakan puyuh peragian yang bisa dilakukan sebagai salah eka pakan tambahan.
  1. Pahami resiko dari pakan fermentasi
Hal pertama sebelum masuk dalam cara pembentukan dari pakan puyuh peragian yang kudu dipahami oleh setiap peternak burung puyuh adalah resiko dari penggunaan pakan fermentasi. Pakan peragian bisa menimbulkan resiko terinfeksinya burung puyuh oleh basil yang berkembang dalam pakan tersebut. Oleh karena itu, pakan puyuh peragian tersebut kudu dibuat dengan akurat dan tepat.
Untuk memencilkan resiko yang muncul maka bisa dilakukan cara pencampuran antara pakan menguntungkan dan pakan peragian sehingga tujuan biaya pakan yang lebih murah dengan bobot telur yang baik tetap tercapai. 
  1. Persiapkan bakal yang dibutuhkan
Bahan utama yang digunakan dalam cara atau cara membuat pakan puyuh peragian yang kudu disiapkan terlebih awal oleh peternak adalah endap-endap tahu, gunduk dan tepung ikan. Ampas ingat bisa diperoleh dari industri pembentukan tahu. Perhatikan kebersihan dari setiap bakal baku yang ada dan pastikan semuanya digiling hingga halus terlebih dahulu.
  1. Proses fermentasi
Setelah bakal disiapkan semuanya maka langkah selanjutnya adalah tahapan awal peragian dan segala persiapannya. Dari ketiga bakal utama yang ada, endap-endap ingat dan gunduk saja yang difermentasi sebaliknya tepung ikan dicampur sehabis peragian terjadi. Perbandingan endap-endap ingat dan gunduk yang sering digunakan yakni 40 : 60. Sebelum ditaburkan bakal peragian maka endap-endap ingat dan gunduk kudu disterilkan terlebih awal dengan mengkukusnya. Setelah suhu berdansa maka bakal peragian berupa ragi tempe bisa ditaburkan dalam campuran tersebut. 
  1. Pendiaman Proses fermentasi
Setelah semua bakal utama dan bakal peragian dicampurkan maka langkah selanjutnya adalah mendiamkan bakal tersebut agar berlaku cara fermentasi. Bahan yang sudah tercampur bisa dimasukkan kedalam kantong plastik dan karena komposisi fermentasinya bersifat aerob maka kantong plastik yang gunakan bisa diberi lubang menggunakan lidi. Lama cara peragian pakan burung ini berlangsung kurang lebih selama 5 hari. 
  1. Pembuatan pakan puyuh
Setelah pakan terfermentasi selama kurang lebih 5 hari maka langkah selanjutnya adalah mengeringkan hasil pakan peragian tersebut. Setelah kering, hasil peragian tersebut dicampur dengan tepung ikan. Penambahan tepung ikan kudu mengacuhkan jumlahnya yakni dengan formula buat setiap 5 kg hasil peragian ditambahkan 2 kg tepung ikan. Setelah tercampur maka campuran tersebut bisa diolah menjadi pellet buat puyuh. 
Itulah jumlah cara membuat pakan puyuh peragian yang bisa menjadi salah eka alternatif pakan bagi burung puyuh yang tak mahal namun tetap ada bobot yang baik serta mampu merangsang burung puyuh buat terus menghasilkan telur dalam jumlah yang banyak.