Artikel Baru

Manfaat Jahe Kencur Jeruk

Kencur, Jahe, dan Kunyit, Apa Saja Manfaatnya?
Hohoho, selamat pagi, pada kali ini akan membawa pembahasan mengenai manfaat jahe kencur jeruk Kencur, Jahe, dan Kunyit, Apa Saja Manfaatnya? simak selengkapnya lebih dalam tentang Kencur, Jahe, dan Kunyit, Apa Saja Manfaatnya?.

Halodoc, Jakarta - Kencur, jahe dan kunyit merupakan jenis rempah-rempah asal Indonesia yang memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Dari tampilan luarnya, ketiga bahan alami ini mempunyai bentuk yang hampir mirip. Bagi seseorang yang jarang memasak, ketiga bahan tersebut bisa saja tertukar. 

Selain sebagai bahan masakan, ketiga bahan ini ternyata punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Apa sajakah manfaatnya? Simak ulasan lengkapnya berikut!

Baca juga:

Kencur

mempunyai aroma khas yang dapat tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis. Bahan alami yang satu ini menjadi salah salah satu bahan jamu yang sudah sangat terkenal, yaitu beras kencur. Beberapa manfaat kesehatan yang dapat kamu ambil dari kencur, antara lain:

  • Mengobati batuk. Kencur yang dicampurkan dengan air garam merupakan obat tradisional yang dinilai ampuh dalam mengobati batuk berdahak. Dengan mengonsumsi bahan tersebut, pernapasan akan menjadi lebih lega dan batuk berdahak akan sembuh dengan lebih cepat.

  • Membantu meringankan stres. Kencur memiliki sifat antidepresan yang dapat memberikan efek menenangkan. Jika kamu sedang dilanda kecemasan, depresi, gelisah, atau stres, tidak ada salahnya untuk mencoba bahan alami yang satu ini.

  • Mengobati diare. Kunyit dapat menjadi obat alternatif yang mampu mengatasi diare. Hal ini dikarenakan kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah cukup banyak yang dapat meredakan gejala diare. 

  • Mencegah karies gigi. Kandungan antimikroba dalam kencur dapat membantu menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh yang dapat memicu timbulnya kerusakan gigi. 

    Kencur, Jahe, dan Kunyit, Apa Saja Manfaatnya?

Baca juga:

Jahe

  merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga rempah-rempah dengan nama latin Zingiber Officinale. Bahan alami yang satu ini dapat menghangatkan tubuh dengan rasa pedasnya. Tidak sampai di situ, jahe juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan.

  • Mengatasi masalah pencernaan. Jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, bahkan membantu pergerakan makanan dan minuman ketika sedang dicerna.

  • Mengatasi mual. Jahe dapat dikonsumsi saat kamu sedang merasa sangat mual. Dalam hal ini, kamu dapat mengonsumsinya langsung saat mentah, atau diolah sebagai minuman.

  • Mengatasi nyeri pada tubuh. Mengonsumsi jahe setiap hari dapat mengurangi nyeri pada otot akibat berolahraga atau aktivitas yang berlebihan. Jahe bahkan dapat meredakan sakit perut saat sedang menstruasi. 

  • Mencegah penyakit kulit. Jahe dapat memicu keluarnya keringat dalam tubuh. Selain membantu proses detoksifikasi, jahe juga dapat melindungi tubuh dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Kunyit

merupakan tanaman herbal yang memiliki warna kuning di dalamnya. Tidak hanya sebagai bahan masakan, kunyit memiliki segudang manfaat berikut bagi kesehatan.

  • Mengatasi peradangan. Kunyit mengandung zat aktif kurkumin yang mengandung efek antiradang. Kurkumin ini akan bekerja memblokir enzim yang menyebabkan peradangan dalam tubuh.

  • Mengatasi maag. Maag dapat terjadi karena adanya luka pada lambung akibat infeksi bakteri. Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengobati peradangan dengan meningkatkan produksi lendir pada dinding lambung.

  • Mengatasi perut kembung. Buang gas yang berlebihan bisa jadi pertanda pencernaan kamu sedang tidak baik-baik saja. Dalam hal ini, kamu dapat mengatasinya dengan mengonsumsi kunyit guna menghentikan produksi asam berlebihan yang menjadi penyebab perut kembung.

    Kencur, Jahe, dan Kunyit, Apa Saja Manfaatnya?

Baca juga:

Kamu dapat berdiskusi langsung dengan di aplikasi Halodoc untuk mengetahui lebih banyak manfaat dari ketiga bahan alami tersebut. Jika sakit, kamu bisa pertimbangkan mengonsumsi bahan-bahan alami tersebut sebelum kamu meminum obat. Jangan lupa untuk melakukan pola hidup sehat disertai dengan makanan bergizi seimbang untuk menunjang kesehatan kamu, ya!

Referensi:
Healthline (Diakses pada 2019). 11 Proven Health Benefits of Ginger.
Healthline (Diakses pada 2019). 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin.

Begitulah penjelasan perihal Kencur, Jahe, dan Kunyit, Apa Saja Manfaatnya? semoga info ini bermanfaat salam

untuk beli mesin proses Jahe Kunyit Kunir Empon-Empon  

harga mesin jahe instan

Artikel ini diposting pada kategori manfaat jahe kencur jeruk, manfaat wedang jahe kencur jeruk, manfaat jahe kencur jeruk nipis,

https://www.halodoc.com/kencur-jahe-dan-kunyit-apa-saja-manfaatnya

No comments