Artikel Baru

Kandungan Nutrisi Janggel Jagung

Ragam Manfaat Jagung: Sebagai Makanan Diet hingga Antidiabetes!
Hi, berjumpa kembali, artikel ini akan dibahas tentang kandungan nutrisi janggel jagung Ragam Manfaat Jagung: Sebagai Makanan Diet hingga Antidiabetes! simak selengkapnya lebih dalam tentang Ragam Manfaat Jagung: Sebagai Makanan Diet hingga Antidiabetes!.

Jagung merupakan salah satu sayuran yang paling banyak ditanam di seluruh dunia. Sayuran ini banyak mengandung nutrisi sehingga dipercaya dapat memberikan ragam manfaat. Kenali ragam manfaat jagung berdasarkan nutrisi di dalamnya.

Tahukah kamu? Bahwa ternyata, selain kuning, ada juga jagung yang berwarna ungu, hitam, putih, merah, biru, dan oranye. Jagung yang masih segar dianggap sebagai sayuran, sedangkan jagung kering masuk sebagai biji-bijian.

"Jagung yang kaya akan nutrisi ternyata memiliki beragam warna mulai dari kuning, putih, merah, oranye, hitam, ungu, hingga biru"

Selain itu, di dalam 100 gram jagung kuning rebus setidaknya terdapat 96 kalori, 3.4 gram protein, 2.4 gram serat, dan 21 gram karbohidrat. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin C, magnesium dan nutrisi lainnya.

Nah, sebelum kamu mengetahui manfaat jagung, pelajari dulu mengenai gizinya lebih lengkap!

Kandungan Gizi dalam Jagung

Kandungan gizi dalam jagung juga tidak bisa dianggap sepele. Jagung mengandung serat, folat, tiamin, fosfor, vitamin C, dan magnesium. Sayuran yang seringnya ditemukan dengan warna kuning ini masuk sebagai sumber karbohidrat.

Dalam 100 gram jagung kuning rebus kamu akan mendapatkan 96 kalori. Jagung juga mengandung cukup banyak air, namun rendah lemak dan protein. Bahkan jagung mengandung omega 3 dan 6 meski hanya sedikit.

Seperti halnya sayuran lain, jagung juga mengandung serat. Pada setiap 20.32 cm jagung kamu bisa mendapatkan 3 gram serat. Selain itu, jagung juga mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuhmu.

Kandungan vitamin A di dalam biji-bijian jagung 10 kali lebih tinggi dibandingkan biji-bijian lain. Biji jagung bebas gluten sehingga banyak dimasukkan dalam diet rendah gluten.

Manfaat Jagung yang Tidak bisa Disepelekan

Jagung bisa diproses menjadi beragam jenis makanan lezat. Sayuran ini banyak diproduksi sebagai tepung, sirup, minyak, hingga keripik. Jagung utuh sama sehatnya dengan bahan makanan lain yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Berikut manfaat jagung sebagai makanan lezat dan bergizi:

Peningkatan Asupan Serat melalui Popcorn

Jagung telah diketahui mengandung banyak serat. Meski sudah diolah menjadi popcorn kamu tetap bisa mendapatkan manfaat ini. Siapa sangka popcorn yang enak nyatanya baik juga untuk kesehatan.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi popcorn memiliki asupan serat lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Selain itu, konsumsi popcorn juga dipercaya dapat mencegah penyakit divertikular yaitu gangguan di dinding usus besar dengan gejala keram, kembung, hingga terkadang disertai perdarahan dan infeksi.

Sereal Jagung Utuh Berpotensi sebagai Prebiotik

Sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi sereal jagung utuh selama 21 hari dapat memberikan manfaat prebiotik bagi tubuh. Bakteri baik di usus meningkat dengan mengonsumsi jagung utuh berbentuk sereal.

Prebiotik adalah jenis serat yang menjadi makanan bagi bakteri baik di usus. Bahan ini membantu bakteri usus untuk memproduksi nutrisi untuk sel usus besar sehingga kesehatan pencernaan terjaga.

Antioksidan dalam Jagung Bagus untuk Mata

Jagung mengandung karotenoid yang bukan hanya memberikan warna, melainkan berperan pula sebagai antioksidan. Jagung kuning mengandung karotenoid berupa lutein dan zeaxanthin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan berbahan dasar jagung merupakan sumber karotenoid yang baik. Kandungan ini sering dikaitkan dengan kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin ditemukan pula pada mata sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi mata dari kerusakan oksidatif. Bahkan, kadar karotenoid tinggi pada darah berhubungan dengan penurunan risiko degenerasi makular dan katarak.

Manfaat Jagung dan Berat Badan

Sayuran kuning ini merupakan produk whole grain yang sering disalahartikan sebagai penyebab kegemukan. Ketika mendengar jagung, banyak orang langsung mengarah pada sirup atau makanan lain dengan kalori tinggi.

Padahal, jika kamu ingin mencoba menurunkan berat badan dengan mengonsumsi makanan whole grain, kamu bisa memasukkan jagung segar dalam menu dietmu.

Pemanis atau bahan lain yang sering ditambahkan dalam produk berbahan dasar jagunglah yang berpotensi menaikkan berat badan, bukan jagung utuh segar. Meski begitu kamu harus tetap mengonsumsi jagung secukupnya, ya.

Jagung Berpotensi sebagai Antidiabetes dan Antihipertensi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jagung berwarna ungu yang tinggi antioksidan dapat membantu mengontrol diabetes dan tekanan darah tinggi yang masih berada di fase awal.

Jagung ungu ternyata memiliki aktivitas menghambat penyerapan glukosa melalui proses pencernaan karbohidrat yang lebih lambat. Sehingga jagung bisa dijadikan makanan dalam penanganan diabetes dan hipertensi.

Selain itu, jagung termasuk sumber karbohidrat yang mempunyai indeks glikemik dalam tingkat rendah sampai sedang, sehingga konsumsinya tidak akan mengakibatkan peningkatan gula darah secara drastis.

Disarankan mengonsumsi jagung yang tidak ditambahkan bahan apapun dan dalam jumlah wajar agar manfaatnya tidak salah sasaran. Jagung yang sudah menjadi popcorn biasanya mengandung margarin sehingga kalorinya akan meningkat tajam.

Meski memiliki banyak manfaat, kamu harus memeriksa lebih teliti kandungan pada produk berbahan dasar jagung, seperti adanya pemanis buatan dan sodium. Tak hanya itu, saat membeli produk jagung pastikan ada label whole grain corn atau whole corn.

Yuk, mulai masukan jagung ke dalam menu harianmu, dan rasakan manfaatnya!

Sumber: dokterbabe.com

Oke penjelasan perihal Ragam Manfaat Jagung: Sebagai Makanan Diet hingga Antidiabetes! semoga info ini bermanfaat salam

untuk pemesanan mesin pembuat janggel bisa menghubungi kami. 

mesin giling janggel jagung

Artikel ini diposting pada tag kandungan nutrisi janggel jagung, kandungan nutrisi tongkol jagung, kandungan protein tongkol jagung,

https://www.pioneer.com/web/site/indonesia/Berita-Umum/Ragam-Manfaat-Jagung-Sebagai-Makanan-Diet-hingga-Antidiabetes

No comments