Artikel Baru

Manfaat Minyak Eucalyptus

Mengenal Manfaat Eucalyptus Oil atau Minyak Kayu Putih | NGOVEE | Informasi Kesehatan Terpercaya yang Diawasi Dokter
Hallo, selamat malam, artikel ini akan dibahas mengenai manfaat minyak eucalyptus Mengenal Manfaat Eucalyptus Oil atau Minyak Kayu Putih | NGOVEE | Informasi Kesehatan Terpercaya yang Diawasi Dokter simak selengkapnya lebih dalam tentang Mengenal Manfaat Eucalyptus Oil atau Minyak Kayu Putih | NGOVEE | Informasi Kesehatan Terpercaya yang Diawasi Dokter.

Minyak Eucalyptus atau yang juga lebih dikenal di masyarakat sebagai minyak kayu putih merupakan minyak yang sering dipakai untuk menghangatkan tubuh. Minyak ini banyak digunakan terutama ketika cuaca sedang dingin karena kehangatan yang diberikannya sangat pas dan tidak terlalu panas seperti salep atau krim panas lainnya. 

Eucalyptus sendiri merupakan pohon yang dapat dimanfaatkan baik daun atau minyaknya. Banyak kondisi penyakit tertentu yang dapat diringankan keluhannya jika menggunakan minyak kayu putih. Misalnya saja kondisi bronchitis, asma, gingivitis, kembung dan lainnya bisa dibantu untuk diringankan dengan mengoleskan minyak kayu putih. Menarik bukan?

Yuk simak beberapa manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan:

Berbagai Manfaat untuk Kesehatan dari Minyak Eucalyptus

Pohon Eucalyptus sebenarnya berasal dari daratan Australia. Meski begitu, kini pohon Eucalyptus dapat dengan mudah ditemukan di berbagai belahan dunia. Menjadi salah satu metode pengobatan alternatif yang popular, minyak pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai pereda rasa nyeri dari suatu penyakit. Minyak Eucalyptus sendiri didapat dari daunnya yang berbentuk oval. 

Meredakan Batuk

Batuk dapat muncul dari beberapa hal, salah satunya adalah alergi, infeksi ataupun kondisi lainnya pada tubuh. Salah satu manfaat dari minyak Eucalyptus yang sudah lama digunakan oleh masyarakat adalah untuk meredakan gangguan batuk. Caranya dengan menghirup minyak Eucalyptus sebagai dekongestan alami. Dengan menghirup uap minyak Eucalyptus akan membantu untuk melegakan tenggorokan. Kamu juga bisa mengusapkan minyak tersebut di tubuh agar batuk, pilek lebih lega.



Mengurangi nyeri pada persendian

Obat-obatan yang umumnya digunakan untuk mengatasi keluhan rheumatoid arthritis dan osteoarthritis mengandung ekstrak minyak Eucalyptus. Tak hanya sebagai penghangat, minyak kayu putih memiliki kemampuan sebagai pereda nyeri pada sendi. Obat-obatan ini umumnya dijual dalam bentuk krim ataupun salep.



Membantu meringankan kondisi sinusitis dan asma

Selain untuk mengatasi keluhan berupa batuk dan pilek, minyak Eucalyptus juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada pernapasan seperti asma dan juga sinusitis. Minyak Eucalyptus tidak hanya memiliki manfaat untuk mengurangi cairan seperti dahak pada saluran pernapasan, namun minyak ini juga dapat membantu mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Mengenal Manfaat Eucalyptus Oil atau Minyak Kayu Putih | NGOVEE | Informasi Kesehatan Terpercaya yang Diawasi Dokter

Dengan menggunakan minyak Eucalyptus sehingga dahak pun mengencer, maka dahak yang encer ini dapat dikeluarkan dari tubuh dengan mudah. Selain kemampuannya untuk mengencerkan dahak, minyak ini pun memiliki kemampuan untuk menekan gejala dari asma.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –



Meringankan keluhan sakit kepala

Ketika mengalami sakit, banyak orang yang mengoleskan minyak Eucalyptus pada daerah dahi hingga ke leher untuk meredakan rasa sakit. Secara umum, memang minyak Eucalyptus tidak mampu untuk menyembuhkan sakit pada kepala.

Namun, minyak Eucalyptus memiliki kemampuan untuk menenangkan kepala yang sakit karena dapat menghangatkan. Walau begitu, kamu tetap harus berhati-hati saat pemakaian agar tidak masuk ke daerah mata.



Mengatasi bau pada mulut

Tahukah kamu bahwa minyak Eucalyptus juga mengandung ? Minyak Eucalyptus dengan kandungan antibakteri dapat mengatasi bau pada mulut yang ditimbulkan oleh kuman. Dengan adanya antibakteri ini maka kerusakan pada gusi serta terbentuknya plak juga dapat dikurangi. 

Kamu bisa mengecek kandungan pada obat kumur maupun pasta gigi apakah mengandung ekstrak Eucalyptus. Selain dari obat kumur maupun pasta gigi, kini juga sudah ada permen karet dengan ekstrak Eucalyptus untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. 



Menjauhkan serangga

Gangguan serangga seperti nyamuk dapat mendatangkan berbagai macam keluhan penyakit pada tubuh. Untuk menghindari gigitan serangga, salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Dengan begitu kamu dapat terhindar dari penyakit yang mereka bawa seperti malaria dan demam berdarah.

Menggunakan semprotan pengusir nyamuk mungkin efektif, namun mengandung bahan kimia yang terlalu kuat. Kini ada beberapa merek minyak botanical pengusir serangga yang dibuat dari ekstrak minyak lemon Eucalyptus.

Anti Inflamasi

Minyak Eucalyptus memiliki kemampuan anti inflamasi yang dapat meredakan gejala dari herpes. Caranya cukup mengaplikasikan minyak Eucalyptus untuk mengurangi sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Mengenal Manfaat Eucalyptus Oil atau Minyak Kayu Putih | NGOVEE | Informasi Kesehatan Terpercaya yang Diawasi Dokter

Itulah beberapa manfaat dari minyak kayu putih atau Eucalyptus yang sering digunakan masyarakat sehari-harinya. Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Cek selengkapnya di .

Bagi kamu yang ingin memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan suplemen dan vitamin, download aplikasi lewat Google Play Store maupun App Store.

Diedit oleh: Aileen Velishya

Oke pembahasan perihal Mengenal Manfaat Eucalyptus Oil atau Minyak Kayu Putih | NGOVEE | Informasi Kesehatan Terpercaya yang Diawasi Dokter semoga artikel ini bermanfaat salam

Tulisan ini diposting pada label manfaat minyak eucalyptus, manfaat minyak eucalyptus untuk wajah, khasiat minyak eucalyptus,

https://ngovee.com/gaya-hidup/mengenal-manfaat-eucalyptus-oil-atau-minyak-kayu-putih/

No comments