Artikel Baru

Harga Mesin Perajang Gula Semut

Harga Mesin Perajang Gula Semut

mesin penghancur gula merah, harga mesin perajang gula semut, jual mesin perajang gula semut. mesin perajang gula semut aren berguna untuk mencacah gula aren atau gula jawa menjadi bagian-bagian kecil agar mudah untuk dimasak menjadi gula semut.




Spesifikasi
Tipe                     : KM-50Vertikal
Dimensi                : 800 x 600 x 800 mm
Diameter Tabung : 400 mm
Material Body      : Plat Besi
Material Tabung  : Stainless Steel
Material Rangka  : Siku Besi
Transmisi             : Gear Box, Pulley Dan V-Belt
Material Pengaduk: Stainless Steel Dan Kayu
Pemanas             : LPG
Kapasitas              : 6 – 8 kg/proses
Penggerak           : Dinamo 1,5  HP


Video Mesin Perajang Gula Semut




____________________________________________________________________________

Gula Semut

Gula semut adalah gula merah yang berbentuk bubuk serta seringkali juga dimaksud orang menjadi Gula Kristal. Diberi nama gula semut sebab bentuk gula ini serupa rumah semut yang bersarang di tanah. Bahan basic untuk bikin gula semut ialah nira dari pohon Kelapa atau pohon aren (enau). Sebab ke-2 pohon ini masuk type tumbuhan palmae jadi dalam bahasa asing, pada umumnya gula semut cuma dikatakan sebagai Palm Sugar atau Palm Zuiker 

Keinginan akan gula semut selalu bertambah dari sekian waktu. Ini tidak terlepas dari usaha beberapa produsen gula semut yang selalu lakukan pendidikan pasar. Khususnya pada tujuan pasar industri yang begitu memperhitungkan efisiensi, mereka selalu menonjolkan bagian kepraktisan dari gula semut dibanding dengan memakai gula merah biasa. Lokasi yang populer dengan sentral produksi Gula Semut diantaranya Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Cilacap, serta Kabupaten Lebak. 


Proses Pembuatan Gula Semut

Pemrosesan gula semut bisa dikerjakan dari nira aren atau dari gula merah bikin. Prosedurnya ialah seperti berikut: 

Pengendapan Kapur 

Kapur yang digunakan menjadi pengawet waktu penampungan nira mesti diendapkan, sebisa mungkin semua kapur diendapkan sebab semakin tinggi konsentrasi kapur tersisa, semakin pahit perasaan gula yang dibuat, bermakna kualitas semakin rendah. 

Penyaringan serta pembersihan nira 

Sesudah semua kapur diendapkan nira yang didapat disaring untuk menghilangkan beberapa benda asing yang tidak diinginkan seperti dedaunan, ranting-ranting, serta serangga 

Pemasakan 

Untuk memperoleh gula semut yang berkualitas baik, nira yang didapat mesti selekasnya dibuat. Saat pemanasan umumnya akan muncul buih yang memiliki kandungan kotoran-kotoran halus. Buih serta kotoran-kotoran ini butuh dibikin bersih, karena akan memengaruhi kualitas gula. Buih di hilangkan dengan penyaringan dengan tapisan yang lubang saringannya halus. Pembentukan serta peluapan buih bisa dihindari dengan fisik dengan pengadukan atau penataan suhu. Buih tercipta sebab panas yang terlalu berlebih. Pemakaian alat vakum menahan berlangsungnya kehilangan sebab buih. Pengadukan menahan terpusatnya panas satu sisi atau meratakan panas. 

Larutan selalu diaduk supaya masaknya rata serta dijaga supaya sisi bawahnya tidak gosong. Lama kelamaan gelembung-gelembung yang berlangsung semakin jarang serta ini tunjukkan larutan telah mulai tua. Pemasakan di stop jika nira yang kental itu telah meletup-letup, atau jika diteteskan berputar di air membuat benang-benang gula yang merasa keras. Wajan lalu di turunkan dari tungku, serta nira yang kental itu masih selalu diaduk sekalian dikit demi sedikit diambil dengan pengaduk untuk dioles-oleskan /digosok-gosokkan pada pinggir wajan. 

Proses pengkristalan 

Proses penambahan yang penting pada pemrosesan gula semut ialah pengkristalan serta pembentukan serbuk. Sesudah nira kental, pemanasan di stop. Nira kental diaduk perlahan dengan arah yang masih (searah). Saat pengadukan dikerjakan makin lama makin cepat untuk meratakan perubahan pembentukan Kristal serta menahan berlangsungnya gumpalan-gumpalan serbuk. Pengadukan memengaruhi tingkat kehalusan serta keseragaman bentuk serbuk. 

Pengayakan 

Sesudah proses kristalisasi serta pembentukan serbuk usai, gula semut itu diayak untuk mendapatkan ukuran yang kostum. Gula semut yang tidak lolos ayakan dihaluskan serta diayak . Serbuk-serbut itu dikemas dalam beberapa bahan pengkemas yang kedap air misalnya plastik polipropilene (PP)

kami siap melayani pengiriman mesin kami sampai saat ini sampai seluruh Indonesia. daerah tersebut diantara:

Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Bengkulu Jambi Sungaipenuh Dumai Pekanbaru Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Bandar Lampung Metro Pangkalpinang Batam Tanjungpinang Jawa Bandung Banjar Batu Bekasi Blitar Bogor Cilegon Cimahi Cirebon Depok Jakarta Jakarta Utara Jakarta Timur Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Barat Kediri Madiun Magelang Malang Mojokerto Pasuruan Pekalongan Probolinggo Salatiga Semarang Serang Sukabumi Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Yogyakarta Kalimantan Pontianak Singkawang Banjarbaru Banjarmasin Palangka Raya Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Nusa Tenggara Denpasar Bima Mataram Kupang Sulawesi Gorontalo Makassar Palopo Parepare Baubau Kendari Palu Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Maluku Ambon Tual Ternate Tidore Kepulauan Papua Jayapura Sorong, Bangka Belitung

No comments